Manga Chopstick : Beyond The Blindfold




Bila seandainya 'dunia tutup mata' ada....
Mungkin aku akan lebih mengerti arti sebuah penglihatan
Meski segalanya tampak normal, kita hidup bagaikan memakai penutup mata
Apa jadinya bila sesekali kain penutup mata ini longgar?

Seperti apa jadinya kalau kita bisa melihat masa lalu dan masa depan milik seseorang hanya dengan menyentuhnya? Kegelisahan inilah yang membuka kisah manga sebanyak 9 volume ini. Kegelisahan yang senantiasa dirasakan oleh Kanade Otsuka, cewek pelajar menengah keatas yang selalu canggung ketika harus atau tanpa sengaja bersentuhan dengan orang-orang di sekitarnya. Kegelisahan itu pula yang mengantarkannya bertemu dengan dua rekan yang juga 'sama'. Berpapasan dengan Arou Naitou dan berkenalan dengan Masahiro Namiki yang sama-sama murid pindahan, membawa mereka menjalin hubungan yang lebih dalam dan saling menjaga. Pertemuan ketiganya barangkali merupakan takdir yang terhubung oleh kesamaan yakni kemampuan untuk melihat kejadian dalam kehidupan seseorang yang disentuh. Bila Kanade dan Namiki mampu melihat masa depan, Aro adalah sebaliknya, mampu mencuri tahu masa lalu milik seseorang.

Tema 'kelebihan' inilah yang diangkat oleh Sakura Tsukuba-sensei, sang mangaka. Sebagai manga-series pertamanya, Mekakushi no Kuni atau dengan judul yang lebih dikenal  Beyond The Blindfold / Land of Blindfolded menyuguhkan cerita yang ringan, manis namun perlahan membebaskan perasaan tiap karakternya. Manga ini bersettingkan school/student-life disertai dilema yang terjadi di rentang usia tersebut serta kompleksitas dan sisi kerentanan tiap karakternya. Kenyataannya, 'kelebihan' yang dimiliki ternyata tidak memudahkan hidup Kanade, Arou dan Namiki namun justru harus lebih berjuang untuk meraih kehidupan yang mau menerima mereka apa adanya dan menjaga hubungan dengan orang di sekitar yang terlibat dan mengetahui kemampuan itu.

A BOY, A GIRL, AND FRIENDS...

Kanade Otsuka
Ketimbang cantik, Kanade digambarkan tipikal gadis biasa dengan kesan polos dan senyuman manis. Pada akhirnya setelah menjalani hubungan dengan Arou, sosok Kanade yang semula canggung dan rentan perlahan tumbuh menjadi pribadi yang lebih optimis.Ia sadar bahwa ada yang disebut takdir dalam hidup manusia, termasuk kelebihan yang dimilikinya adalah sesuatu yang bersifat sensitif. Itulah mengapa ia selalu gugup dan ketakutan ketika bersentuhan atau terpaksa mengetahui masa depan milik seseorang hingga sempat menghukum diri apabila hanya melihat namun tak mampu berbuat sesuatu. Tak seperti Namiki atau Arou, Kanade tidak selalu melihat namun apapun bila iya, ia tak segan-segan mengambil resiko untuk menolong. Cinta dan support yang besar dari Arou juga perhatian Namiki membuatnya belajar lebih berani berjuang menggapai kebahagiaan. Dan keyakinan itu jualah yang menyelamatkan Arou yang menghilang menjadi angin. 


Arou Naito
Banyak perkembangan pada karakter dan desain Arou. Bila di awal digambarkan cool, playful dalam perkembangannya wajah Arou tampak lebih pas seusianya namun ekpresi yang lebih sensitif dan kompleks terlebih ketika kenangan masa lalunya terkuak. Senada, ia juga dihantui rasa bersalah dan trauma karena kelebihan itu justru membuatnya kehilangan orang yang paling disayanginya. Belum juga kehidupan masa sekolahnya yang sulit dan dipandang menakutkan. Kemampuan Arou sendiri terus berkembang lebih besar dari yang lain. Kepandaiannya memasak disebabkan karena ia lebih sering hidup sendiri saat sang ayah jarang pulang, diluar dugaan, malah menjadi nilai plus dan mendekatkannya pada teman-temannya yang lain. Perasaannya kepada Kanede dimulai dengan rasa simpati dan perlahan seiring keyakinan kuat untuk selalu melindunginya, keyakinan Kanade-lah yang membuatnya lebih bahagia menjalani hidup. 



Masahiro Namiki
Di awal, Namiki digambarkan sosok yang berhati dingin. Rasa penasaran terhadap Kanede berubah menjadi cinta, saat ketulusan Kanede mengajarkannya untuk lebih peka dan peduli. Perlahan Namiki berubah bahkan tak malu menyatakan apa yang dirasakannya dan mampu tersenyum layaknya seusianya. Walau menyukai Kanede, ia sadar diri bahwa tidak ada tempat untuknya selain sebagai teman berharga, karena itu Namiki seringkali menolong hubungan Kanede dan Arou. Karena Maro jugalah, Namiki lebih peduli untuk berjuang menerima kehidupannya yang dirasa terbuang dari keluarga dimana sang ibu selalu tersenyum palsu dan ketakutan menyentuhnya. Namiki memiliki seorang adik yang sebenarnya menyayanginya dan berusaha menjalin kembali hubungan yang lama terpisah. Bersama Otake, lelaki penjual saham, dengan kemampuannya, Namiki memulai bisnis dewasa untuk membiayai hidupnya.

Nakamura Eri & Ezawa
Sahabat Kanade satu-satunya di sekolah. Pertemuan pertama keduanya sempat diceritakan dalam sebuah chapter. Meski tidak menonjol, Eri selalu melindungi dan mempercayai Kanade bahkan setelah mengetahui kemampuan yang dimiliki Kanade, Arou dan Namiki, ia tetap menyukai mereka. Ezawa digambarkan murid lelaki yang cool, flamboyant-looks dan memiliki banyak mantan. Pada akhirnya hubungannya dengan Eri membuatnya menjadi lelaki yang lebih baik. Hubungan Eri-Ezawa juga yang mendorong Kanade dan Arou untuk lebih pro-aktif.

Someya & Someya Hiroaki
Someya adalah nama keluarga, dan tidak disebutkan dengan jelas nama ketua OSIS di sekolah Kanade dkk ini. Tegas, cermat dan memiliki kelembutan yang jarang diperlihatkan kecuali kepada orang yang benar-benar dekat. Di luar dugaan, meski sempat menyukai Aro dan bersedih karenanya, ia tampak bahagia berbagi rasa dan berbicara dengan Namiki. Adiknya, Hiroaki merupakan pemain basket yang masa depannya diselamatkan Namiki setelah muncul dalam penglihatan Kanade. Menariknya, meski mengetahuinya, ia sama sekali tak takut atau membenci Namiki.


Maro
Anak anjing menggemaskan ini awalnya dibuang dan diletakkan begitu saja di depan sekolah. Berkat ucapan Kanade, Namiki pun mengambilnya dan memberinya masa depan. Dalam cerita spesial, Maro sendiri merasa Namiki adalah orang yang ditunggu-tunggunya. Nama Maro sendiri diambil dari alisnya yang tebal. Tingkah konyolnya selalu menggoda kesabaran Namiki, dan berkat ulahnya pula, Namiki terpaksa membeli seekor kura-kura yang selalu bercokol di atas kepala Maro.

Sou
Paman Arou, kakak ibunya. Sejak awal Sou digambarkan dingin, misterius juga bertindak seenaknya dan seakan memiliki maksud tertentu pada Arou. Ia juga diceritakan tidak terlalu akur dengan ayah Arou dan kesal ketika mengetahui adiknya mengandung. Kemampuan Sou bisa melihat kedua masa meski pada akhirnya ia mengakui kemampuan Arou berkembang lebih kuat darinya. Walau terkesan egois, dalam hatinya Sou merasakan ketidakberdayaan menggunakan kemampuannya dan sulit melepas kenangan di masa lalu.

Sanae
Walau hanya diceritakan dalam kenangan, Sanae digambarkan selalu tersenyum. Kematiannya memberikan luka yang cukup mendalam bagi orang-orang terdekatnya, terlebih bagi Arou yang kemudian mengunci kenangan itu. Meski Sou kesal, Sanae benar-benar bahagia melahirkan Arou dan menjadi seorang ibu.

Kumagoro
Ayah Arou dan suami Sanae yang berprofesi sebagai fotografer. Meski tidak banyak yang bisa diketahui, kemungkinan besar Sanae pernah menjadi modelnya. Begitu sibuknya hingga diceritakan jarang berada di rumah sehingga membuat Arou mandiri. Sebagai ayah, ia bahkan rela membakar semua barang kenangan istrinya ketika menyadari Arou terjebak dalam kenangan masa lalu dan berharap meneruskan hidup tanpa rasa bersalah.


The Blindfold ACT

A part of introduction, A support to each other and A boy who start to come closer...

A part of introduction
Meski ikut senang, Kanade berusaha menyembunyikan kecanggungannya saat disentuh Eri Nakamura, sahabatnya yang baru saja menyatakan cinta kepada Ezawa, murid kelas sebelah. Meski bersahabat, Kanade tak mampu membagi rahasianya itu. Di waktu yang sama, ia pun berpapasan dengan Arou yang langsung mengetahui Kanade adalah orang yang sama, memiliki kemampuan. Meski tak serta merta dekat, penglihatan tentang Ezawa yang dilihatnya di masa depan mau tak mau membuat keduanya saling bicara dari hati ke hati...
A support to each other
Hubungan keduanya semakin akrab termasuk sepakat untuk melaporkan peristiwa kecelakaan yang memakan korban. Menyadari kecemasan Arou, Kanade memintanya membuatkan makan siang dan kata-kata penuh semangat dari Kanede memperdalam perasaan diantara keduanya....
A boy who start to come closer...
Aksi Kanade menolong orang asing membuat gusar sekaligus penasaran Namiki, seorang murid pandai yang lalu memutuskan pindah ke sekolah yang sama. Arou mengetahui Namiki orang yang 'sama'. Hal yang ruwet terjadi karena keisengan Namiki justru meyakinkan adanya perasaan cinta diantara keduanya....

An official couple, An abandoned puppy, An unusual feeling and An interrupted dating...

An official couple
Kanade tersipu malu, sementara Arou membuat keputusan tak lazim untuk masuk klub berkebun yang sejatinya sudah tidak aktif karena penglihatan di masa lalu. Eri menyadarkan Kanade bahwa rasa sakit yang dirasakan selekasnya diobati. Dan Kanade pun berlari menemuinya...
An abandoned puppy

Tahu Arou dan Kanede resmi berpacaran, Namiki mengganggu acara makan siang mereka. Kanade merasa iba ketika menemukan seekor anak anjing dibuang, sebaliknya Namiki tertawa dingin karena melihat tidak ada masa depan bagi anak anjing itu. Sialnya, ekspresi Kanade justru terngiang dalam benak Namiki sepanjang hari dan bergegas berlari dalam derasnya hujan...
An unusual feeling
Arou bergabung dengan klub minum teh menyelenggarakan jamuan. Meski santai usai mendengar cerita berhantu di ruang biologi, Kanade yang sedang berada disitu tak sengaja terperangkap ke dalam ruangan gelap dan menyadari perbedaan perasaan dengan apa yang dirasakannya di masa kecil...
An interrupted dating
(special) Kencan pertama Arou dan Kanede di taman hiburan tidak lagi romantis karena kemunculan Namiki yang telah mencuri lihat masa depan. Setelah upaya menolong seorang anak yang tersesat, Kanade menyadari kepercayaan yang mereka bangun perlahan saling menyembuhkan luka di hati masing-masing...

A Grandpa's past, A deal of secret, A deal after the past, A warm confession...

A Grandpa's past
Aksi Kanade yang spontan menyelamatkan seekor anjing di sungai membawanya kembali pulang ke rumah ditemani Arou dan Namiki. Disana, Ibu Kanade menceritakan kenangan kuat yang terjalin antara Kanade dan kakeknya...
A deal of secret

Aksi spontan Kanade terjadi lagi dan berakhir dengan pertolongan Arou membawanya ke ruang kesehatan. Percakapan mengenai kemampuan itu tanpa sengaja terdengar oleh guru-dokter dan diperjelas saat berusaha menyelamatkan seorang murid yang terlihat dalam penglihatan Kanade...
A deal after the past
Kanade kembali untuk memeriksakan tangannya. Karena kemampuannya diketahui, ia terpaksa melihat masa depan seorang murid dan terlelap tanpa menyadari adanya campuran obat tidur dalam teh yang diminumnya. Sesuai dugaan, Arou dan Namiki datang dan menyadari ketidakberesan....
A warm confession
Kebun Arou mulai berbuah. Disaat bersamaan ada seorang pria tua yang mengunjungi sekolah dan memuji kerja keras Arou. Sayang, seorang murid merusak kebun karena cemburu melihat kesedihan gadis yang disukainya menyampaikan cinta yang ditolak Arou...

A postponed fruit, A poisoned fruit, A girl wishing solely, A dog who bark happily and A girl wishing afterglow...

A postponed fruit
Kegembiraan akan datangnya masa panen hasil kebun dibuyarkan Someya, ketua OSIS. Walau begitu Arou gigih mempertahankannya. Kanade yang menyadari arti reaksi Arou saat bertemu Ketua OSIS mendapatkan penglihatan dan diam-diam kegundahan muncul di hatinya....
A poisoned fruit
Kegundahan hati Kanade berlanjut bila memikirkan apa yang telah dilihatnya. Berkat saran Namiki, ia memberanikan diri memberitahukan lebih banyak perasaannya kepada Arou....
A girl wishing solely
Sikap Kanade yang canggung membuat Arou gundah. Dan lagi-lagi upaya Namiki menyatukan keduanya dari ketidaksempurnaan perasaan itu...
A dog who bark happily
Namiki berjalan-jalan dengan anak anjing yang kini dipeliharanya. Ia bertemu dengan Someya, yang ternyata kakak dari seorang murid yang pernah ditolongnya. Perasaan dalam dirinya berkecamuk ketika merasakan suasana kekeluargaan yang telah lama hilang...
A girl wishing afterglow
Waktu musim panen kebun Arou telah tiba. Ditemani rekan-rekan sekelasnya, Arou juga rela memasak makanan untuk semuanya. Meski senang, Kanade merasa kesepian dan diam-diam penglihatan ciuman Eri dan Ezawa yang dilihatnya menjadi sebuah keinginan....


A cookie's boy, A wind that hugging youth, A call from sea, A knot from broken chain and A soul trespass of braveness...

A cookie's boy
Karena tak sengaja melihat, Kanade mau membantu teman sekelasnya menyampaikan perasaan kepada seorang guru. Kisah cinta yang berawal dari kepingan kue kering memperdalam perasaan di hati Kanade dan Arou yang dalam kesempatan itu mendapatkan ajakan dari Eri untuk berwisata ke pantai bersama-sama...
A wind that hugging youth
Musim panas dilalui Kanade, Arou, Eri dan Ezawa serta Namiki yang membawa Maro menikmati pantai. Ketika tengah berbicara, beberapa orang rupanya mengenali Arou sebagai teman sekolah mereka dulu dan bereaksi ketakutan terhadapnya. Ditambah lagi kelalaian Kanade yang mengakibatkan dirinya dan Namaki terseret arus ombak...
A call from sea
Kekuatiran Arou membesar kala menunggu Kanade dan Namiki yang tak kunjung kembali. Berkat suara yang didengarnya dari laut, hal menakjubkan pun terjadi....
A knot of broken chain
Kebahagiaan Arou terganggu dengan kedatangan teman lamanya yang ternyata hanya memanfaatkan kemampuannya. Dan bagi Arou, itu adalah kenangan yang menyakitkan untuk diingat kembali...
A soul trespass of braveness
Karena tak ingin Kanade terancam, Arou terpaksa menuruti permintaan teman lamanya. Namun berkat kebahagiaan dan semangat yang ditunjukkan Kanade, Arou pun menyampaikan apa yang terbaik dalam hidupnya kini...


A boy that own as brother, A call of caution, A heartless festival, A fragment flowers and A fragrant flowers...

A boy that own as brother
Namiki terkejut mendapati orang yang ingin ditolong Kanade adalah adiknya sendiri. Hubungan yang renggang, perasaan yang membeku, dan pertandingan yang terus berjalan ditambah pertanyaan dari Kanade mengugah nurani Namiki untuk membuka hatinya...
A call of caution
Desas-desus sosok hantu berkostum berhembus di tengah-tengah persiapan festival sekolah. Selain Kanede yang sibuk, hal ini juga melibatkan ketua OSIS yang bertekad akan menemukan pelaku keganjilan itu...
A heartless festival
Keseruan festival sekolah dimulai. Adik Namiki, Junya, datang menyampaikan isi hatinya. Sedangkan bagi Arou, ini adalah pertama kalinya bersenang-senang. Meskipun pada akhirnya kejadian tak mengenakkan terjadi, keberadaan Kanade membuat semua itu menjadi kenangan yang berarti...
A flowers scent
Namiki berada di rumah Kanede untuk membimbingnya dan  Arou belajar untuk ujian. Terlelap, Namiki bermimpi tentang kenangan pahit dimana Namiki kecil selalu merindukan kebahagiaan dari sang Ibu yang selalu takut menyentuhnya....
A fragrant flowers
Namiki memutuskan mengunjungi rumah yang telah lama ditinggalkannya. Kenangan-kenangan bertebaran dalam ingatannya. Meski terasa kaku, pembicaraan dengan Junya dan reaksi kaget dari Ibunya membuat Namaki mensyukuri kedatangannya....


A midsummer reunion, A girl and paper heart, A mother's fragment, A girl and her confidential and A locked smiles of childhood...

A midsummer reunion
Kanade, Eri, Arou, Ezawa, Namiki serta Maro menikmati keriuhan malam festival musim gugur yang diselenggarakan di kuil. Selain kemunculan seseorang yang mirip dengan Arou, ketenangan Kanade dan Arou diuji karena mau tak mau bersentuhan dengan banyak orang....
A girl and paper heart
Sou, Paman Arou memperkenalkan diri ketika mereka tengah makan siang. Bersamaan dengan menyusupnya seorang cewek yang rupanya menaruh cemburu kepada Eri yang telah menjadi kekasih Ezawa...
A mother's fragment
Liburan ke permandian air panas meninggalkan penuh kesan. Bagi Kanade, inilah saatnya mengungkapkan pengakuan terbesarnya kepada Eri. Bagi Namiki, ada alasan mengapa raut mukanya memerah, sama seperti yang dirasakan oleh Arou yang belum menyadari ada maksud tertentu dari ajakan sang paman...
A girl and her confidential
Kanade akhirnya rmenceritakan kemampuannya kepada Eri disertai kejadian menyelamatkan seorang anak....
A locked smiles of childhood
Arou menyusuri setiap tempat yang memiliki kenangan masa lalu ibunya termasuk rumah yang ditinggalinya sebelum melahirkan Arou. Walaupun melihat kenangan berharga, Arou juga teringat kembali masa-masa sulit setelah kepergiannya...
A boy who smiling better than before
(special) Pertemuan pertama Namiki dan Otake, rekan kerja Namaki yang diam-diam peduli kepadanya...


A day between bad and after luck, A romance fever, A bittersweet hero, A heart that taste fragile and A door that locked the lost memoir...

A day between bad and after luck
Sepanjang hari itu Namaki mendapatkan ketidakberuntungan. Dimulai dari terlambat bangun, tali sepatu yang putus hingga serasa terasing dari Kanade dan Arou. Dan semua kesialan itu berakhir ketika semua orang merayakan ulang tahunnya bersama-sama....
A romance fever
Sepanjang hari itu Kanade bersikap tidak seperti biasanya. Arou yang merasa aneh menyadari Kanade menderita demam dan lekas mengantarkannya pulang setelah peristiwa kebakaran di dekat sekolah.....
A bittersweet hero
Sepanjang hari itu Eri mengamati sikap Arou dan menduga dirinyalah yang melaporkan pelaku kebakaran tersebut. Memberanikan diri bertanya, Arou pun berterus terang kepada Eri. Di hari itu juga, terjadi pencurian yang menjebak Arou sebagai pelakunya...
A heart that taste fragile
Meski senang karena semua orang lebih mempercayainya, Arou menyadari bahwa tidak mudah bagi setiap orang untuk menerima kelebihan itu. Kesalahpahaman terjadi saat Eri mendapat kecelakaan dan menolak disentuh oleh Arou...
A door that locked the lost memoir
Dihibur oleh Sou, Arou malah diajak untuk kembali ke rumah yang pernah ditinggalinya bersama sang ibu. Sou beralasan Arou tidak ingat juga sekaligus agar ia mengenangnya. Padahal mengenang itu sama saja membuka kenangan menyakitkan dalam hidup Arou. Beruntung Kanade dan Namiki lekas datang bersama Ayah Arou untuk menghentikan kesedihan itu....

A day when happiness is mine, A birthday kiss, A dance with unexpected reason, A precious sky and song of the wind...and...A precious sky when them belong together.... 

A day when happiness is mine
Ingatan dan penglihatan Arou akan hari-hari terakhir Ibunya terbuka kembali. Walau memendam banyak penyesalan, keberadaan Kanade yang seketika memeluknya menyadarkan bahwa Ibunya pun memikirkan kebahagiaan dan merasa bahagia memiliki Arou. Dalam , Arou tersenyum bahagia sembari menggengam erat tangan Kanade....
A birthday kiss
Sambil memasang hiasan pohon Natal untuk perayaan di sekolah, Eri mengingatkan Kanade tentang ulang tahun Arou yang segera tiba. Setelah kebingungan memikirkan hadiah yang pas diberikan padanya, selain perayaan dan ditambah keisengan Namiki, kejutan dari Kanade menjadi hadiah terindah bagi  Arou....
A dance with unexpected reason
Pesta Natal sekolah diadakan sekaligus untuk menyambut datangnya musim dingin. Sambil mempersiapkan kostum, hari-hari Namiki diisi dengan lebih banyak interaksi bersama Someya, si ketua OSIS. Hubungan yang saling bersimpati pun terjalin diantara keduanya, dengan sebuah dansa yang mengiringi....
A precious sky and song of the wind
Arou menyesal tidak bisa menemani Kanade yang sedang bersenang-senang di tempat ski bersama teman sekelasnya. Musibah datang ketika terjadi kecelakaan yang disebabkan badai salju dan menimpa tim dimana Kanade berada. Aro yang mendengar kabar dari Namiki selekasnya menuju kesana dan menggunakan kemampuannya secara mengejutkan....
A precious sky when them belong together
Keberhasilan Arou menemukan Kanade dan rekan-rekannya terasa mengherankan. Setelah selamat, mereka semua justru dihebohkan dengan hilangnya Arou. Sou merasa Arou telah mencapai batas kemampuannya. Namun Kanade berkata tidak ada hal yang tidak mungkin dan mempercayai Arou adalah Arou yang selalu ada disisinya. Karena Arou menyayangi Kanade. Angin pun berhembus dan berbisik kepadanya....



0 komentar:

Post a Comment

 

Popular Posts

instagram me

THX4Visiting & Please :)

THX4Visiting & Please :)

Followers